ahau

ahau

ahau

Rabu, 12 Maret 2014

Etnis,Gender,Bahasa, dan Budaya




Etnis
     Etnik boleh di defenisikan sebagai sekelompok manusia yang menganut budaya yang hampir sama.Seperti adat,kegiatan ekonomi,bahasa,dan sebagainya.Etnik lebih tepatnya berhubungan dengan ras atau suku.Etnik dapat dikelaskan melalui perbedaan budaya.Etnik sering berbeda berdasarkan ciri budaya seperti adat resam,pola keluarga,pakaian,pandanganmengenai kecantikan,orientasi politik,kegiatan ekonomi dan hiburan.Di Malaysia,orang melayu,india,cina,kadazan dusun,melanau dan pelbagai lagi dianggap sebagai etnik.Etnik pada dasarnya bersifat etnosentrik,yaitu mengangap ciri-ciri budayanya sebagai wajar,betul dan lebih utama daripada budaya etnik lain yang dipandang rendah serta dianggap ganjil ataupun berada pada tahap rendah atau tidak bermoral.
 

Gender
     Kata Gender berasal dari bahasa Inggris yang berarti jenis kelamin (John M. echols dan Hassan Sadhily, 1983: 256). Secara umum, pengertian Gender adalah perbedaan yang tampak antara laki-laki dan perempuan apabila dilihat dari nilai dan tingkah laku.Dalam Women Studies Ensiklopedia dijelaskan bahwa Gender adalah suatu konsep kultural,berupaya membuat perbedaan (distinction) dalam hal peran,perilaku, mentalitas,dan karakteristik emosional antara laki-laki dan perempuan yang berkembang dalam masyarakat.
      Dari Wikipedia bahasa Indonesia dijelaskan bahwa gender merupakan aspek hubungan sosial yang dikaitkan dengan diferensiasi seksual pada manusia.
      Secara umum,pengertian Gender adalah perbedaan yang tampak antara laki-laki dan perempuan apabila dilihat dari nilai dan tingkah laku.Dalam Women Studies Ensiklopedia dijelaskan bahwa Gender adalah suatu konsep kultural,berupaya membuat perbedaan (distinction) dalam hal peran, perilaku,mentalitas,dan karakteristik emosional antara laki-laki dan perempuan yang berkembang dalam masyarakat.

Bahasa

A.Pengertian Bahasa
     Secara sederhana,bahasa dapat diartikan sebagai alat untuk menyampaikan sesuatu yang terlintas di dalam hati.Namun,lebih jauh bahasa bahasa adalah alat untuk beriteraksi atau alat untuk berkomunikasi,dalam arti alat untuk menyampaikan pikiran,gagasan,konsep atau perasaan.
Bahasa adalah sebuah sistem,artinya,bahasa dibentuk oleh sejumlah komponen yang berpola secara tetap dan dapat dikaidahkan.Beberapa pendapat para ahli mengenai defenisi dari bahasa:
  1. Menurut Gorys Keraf  (1997:1),Bahasa adalah alat komunikasi antara anggota masyarakat berupa simbol bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia.
  2. Menurut Bolinger (1981),Bahasa memiliki system fonem,yang terbentuk dari distinctive features bunyi,system morfem dan sintaksis.Untuk mengungkapkan makna bahasa harus berhubungan dengan dunia luar.Yang dimaksud dengan dunia luar adalah dunia diluar bahasa termasuk dunia dalam diri penutur bahasa.Dunia dalam pengertian seperti ini disebut realita.
  3. Menurut Wibowo (2001:3),bahasa adalah sistem simbol bunyi yang bermakna dan berartikulasi (dihasilkan oleh alat ucap) yang bersifat arbitrer dan konvensional,yang dipakai sebagai alat berkomunikasi oleh sekelompok manusia untuk melahirkan perasaan dan pikiran.
  4. Menurut Penggabean (1981:5),bahasa adalah suatu sistem yang mengutarakan dan melaporkan apa yang terjadi pada sistem saraf. 
Berikut hal yang akan terjadi jika ada komunikasi dengan menggunakan 2 bahasa.
 

B.Fungsi-Fungsi Bahasa
     Konsep bahasa adalah alat untuk menyampaikan pikiran.Bahasa adalah alat untuk beriteraksi atau alat untuk berkomunikasi,dalam arti alat untuk menyampaikan pikiran,gagasan,konsep atau perasaan.
  1. Fungsi Pribadi.Dilihat dari sudut penutur,bahasa berfungsi personal.Maksudnya,si penutur menyatakan sikap terhadap apa yang dituturkannya.Si penutur bukan hanya mengungkapkan emosi lewat bahasa,tetapi juga memperlihatkan emosi itu sewaktu menyampaikan tuturannya. Dalam hal ini pihak pendengar juga dapat menduga apakah si penutur sedang sedih,marah atau gembira.
  2. Fungsi Deduktif.Dilihat dari sudut pendengar atau lawan bicara,bahasa berfungsi direktif,yaitu mengatuf tingkah laku pendengar.Di sini bahasa itu tidak hanya membuat si pendengar melakukan sesuatu,tetapi melakukan kegiatan yang sesuai dengan yang dikehendaki pembicara.
  3. Fungsi Patik.Bila dilihat segi kontak antara penutur dan pendengar, maka bahasa bersifat fatik. Artinya bahasa berfungsi menjalin hubungan,memelihara,memperlihatkan perasaan bersahabat atau solidaritas sosial.Ungkapan-ungkapan yang digunakan biasanya sudah berpola tetap, seperti pada waktu pamit,berjumpa atau menanyakan keadaan.Oleh karena itu,ungkapan-ungkapan ini tidak dapat diterjemahkan secara harfiah.Ungkapan-ungkapan fatik ini biasanya juga disertai dengan unsur paralinguistik, seperti senyuman, gelengan kepala, gerak gerik tangan, air muka atau kedipan mata. Ungkapan-ungkapan tersebut jika tidak disertai unsure paralinguistik tidak mempunyai makna.
  4. Fungsi Referensial.Dilihat dari topik ujaran bahasa berfungsi referensial,yaitu berfungsi untuk membicarakan objek atau peristiwa yang ada disekeliling penutur atau yang ada dalam budaya pada umumnya.Fungsi referensial ini yang melahirkan paham tradisional bahwa bahasa itu adalah alat untuk menyatakan pikiran,untuk menyatakan bagaimana si penutur tentang dunia di sekelilingnya.
  5. Fungsi Imajinatif.Jika dilihat dari segi amanat (message) yang disampaikan maka bahasa itu berfungsi imajinatif.Bahasa itu dapat digunakan untuk menyampaikan pikiran,gagasan dan perasaan; baik yang sebenarnya maupun yang hanya imajinasi (khayalan) saja.Fungsi imaginasi ini biasanya berupa karya seni (puisi,cerita,dongeng dan sebagainya) yang digunakan untuk kesenangan penutur maupun para pendengarnya.
Budaya
     Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi.Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit,sistem agama dan politik,adat istiadat,bahasa,perkakas,pakaian,bangunan,dan karya seni.Budaya juga merupakan bagian tak terpisahkan dari diri manusia sehingga banyak orang cenderung menganggapnya diwariskan secara genetis.Ketika seseorang berusaha berkomunikasi dengan orang-orang yang berbeda budaya dan menyesuaikan perbedaan-perbedaannya,membuktikan bahwa budaya itu dipelajari.Budaya adalah suatu pola hidup menyeluruh.Budaya bersifat kompleks,abstrak,dan luas.Banyak aspek budaya turut menentukan perilaku komunikatif.Unsur-unsur sosio-budaya ini tersebar dan meliputi banyak kegiatan sosial manusia.

Sumber di rangkum dari
www.youtube.com
http://mindaremaja-al-amin.blogspot.com/2011/09/definisi-etnik-etnisiti-dan.html
http://www.gudangmateri.com/2011/01/pengertian-gender.html
http://adidesu.wordpress.com/2012/03/02/definisi-bahasa-menurut-para-ahli/
http://syifaamalia22.wordpress.com/2012/04/15/definisi-budaya/
 

2 komentar:

  1. isinya bagus,tapi mungkin bisa lebih di spesifikasiin kali ya..kasih nilai 80 aja deh...

    BalasHapus
  2. isinya sudah bisa di bilang memuaskan,tetapi fontnya kurang bagus..kelihatan kebesaran,jadi terlihat berantakan begitu...mingkin bisa di perbaiki lagi..nilai 80

    BalasHapus