ahau

ahau

ahau

Rabu, 26 Maret 2014

Agama dan Seni

AGAMA

Pengertian Agama
Agama berasal dari kata "A" yang berarti tidak dan "GAMA" yang berarti kacau.Jadi Agama dapat diartikan "Tidak Kacau" (di ambil dari wikipedia).Agama dapat di defenisikan sebaagi:
  • Suatu peraturan yang bertujuan untuk mencapai kehidupan manusia ke arah dan tujuan tertentu.
  • Salah satu tindakan pada suatu sistem kemasyarakatan (sosial) yang terdapat pada diri seseorang tentang kepercayaan terhadap kekuatan tertentu (magis atau spiritual) serta berfungsi untuk perlindungan dirinya dan orang lain.

Sumber terjadinya agama dapat dibedakan menjadi dua kategori yaitu:
  • Agama samawi atau agama dari langit,yang diperoleh melalui Wahyu Illahi (Islam,Kristen, Yahudi).
  • Agama Wa'i atau disebut juga agama bumi,yaitu agama budaya yang timbul akibat kekuatan didalam pikiran atau akal budi seseorang atau masyarakat (Hindu,Buddha,Konghuchu,dan aliran agama atau kepercayaan lainya).
Fungsi dan Tujuan Agama
Adapun fungsi dari agama,antara lain:
  • Agar kita dapat selalu ingat akan Tuhan,petunjuk bagaimana cara kita melayani Tuhan dalam kehidupan kita sehari-hari,
  • Sebagai pedoman hidup dalam kehidupan sehari-hari.Artinya jika kita melakukan sesuatu yang tidak baik,dengan kita punya agama kita bisa disadarkan oleh ajaran  dan agama yang kita anut untuk tidak melakukan hal-hal yang tidak baik,
  • Penyelaras hidup dalam masyarakat,dsb.
Berikut tujuan dari agama,diantaranya:
  • Menegakan kepercayaan manusia hanya kepada Allah,Tuhan Yang Maha Esa,
  • Mengatur kehidupan manusia di dunia,agar kehidupan teratur dengan  baik,sehingga dapat mencapai kesejahterahan hidup,lahir dan batin,dunia dan akhirat,
  • Menjunjung tinggi dan melaksanakan peribadatan hanya kepada Allah,
  • Menyempurnakan akhlak manusia,dsb.

Dari segi psikologi,L.B.Brown mengatakan dalam bukunya Psychology and Religion memberikan lima variabel agama,yang meliputi: 
  • Pertama,tingkah laku (behaviour) atau praktek-praktek yang menggambrakan keadaan agama, dikembangkan biasanya melalui kerap tidaknya pergi ke gereja,membaca injil dan sebagainya.
  • Kedua,renungan suci dan iman (belief),iman biasanya dihubungkan dengan kerangka kepercayaan yang umum dan yang khusus tertentu.
  • Ketiga,perasaan keagamaan atau pengalaman (experience) dan kesadaran tentang sesuatu yang transeden yang dapat memberikan dasar yang kokoh bagi kehidupan keagamaan. 
  • Keempat,keterikatan (involvement) dengan suatu jama’ah yang menyatakan diri sebagai institusi nilai, sikap atau kepercayaan.
  • Dan yang kelima,consequential effects dari pandangan-pandangan keagamaan dalam tingkah laku yang non-agama dan dalam tingkah laku moral.
Agama-agama besar yang di akui di Indonesia
a.Islam
Gbr.symbol Islam
      Islam merupakan agama yang mengimani satu Tuhan yaitu Allah SWT.Kitab suci agama Islam ialah Al-Qur'an.Pengikut-pengikut dari agama ini biasanya di sebut "Muslim".Nabi umat Islam ialah Nabi Muhammad SAW.Tempat ibadah agama ini berada di Mesjid.




b.Katolik

Gbr.Gereja Velangkani-Medan
        Katolik merupakan agama yang mengimani Tuhan Yesus Kristus.Kitab suci agama katolik ialah Alkitab.Dalam ibadahnya, penganut agama katolik berdoa pada Bunda Maria (ibu Yesus) untuk menyampaikan doa-doa mereka pada Tuhan Yesus Kristus.Tempat ibadah agama ini adalah Gereja.




c.Kristen
Gbr.simbol Kristen dan Katolik
      Tidak jauh beda dengan agama Katolik,Kristen juga mengimani Tuhan Yesus Krostus sebagai Tuhannya.Kitab Suci dan tempat beribadah agama ini juga berada di Gereja.Nabi orang Krisrten ialah Nabi Isa.Kata Kristen memiliki arti "Pengikut Kristus" atau "Pengikut Yesus".




d.Buddha
Gbr.patung Buddha
        Buddha (Sansekerta: बुद्ध berarti,Mereka yang Sadar, Yang mencapai pencerahan sejati.Dari perkataan Sanskerta:"Budh", untuk mengetahui).Agama ini memiliki kitab suci yang di sebut "Tipitaka",yang terdiri atas tiga bagian yaitu Sutta-ajaran, Vinaya-kode disiplin,Abhidhamma-moral.Tempat ibadah agama ini ialah Kuil.
        



e.Hindu
Gbr.symbol Hindu
        Agama Hindu (disebut pula Hinduisme) merupakan agama dominan di Asia Selatan,di antaranya Saiwa, Waisnawa, dan Sakta serta suatu pandangan luas akan hukum dan aturan tentang "moralitas sehari-hari" yang berdasar pada karma,darma,dan norma kemasyarakatan.Agama Hindu disebut sebagai "agama tertua" di dunia yang masih bertahan hingga kini dan umat Hindu menyebut agamanya sendiri sebagai sanātanadharma yang artinya "Jalan Abadi".




ANIMISME

Gbr.Ritual penganut Animisme
       Animisme merupaka kepercayaan pada makhluk halus dan roh.Kepercayaan ini merupakan kepercayaan pada masa Purba kala.Kepercayaan ini dipandang sebagai kepercayaan paling Primitif,dan di defenisikan sebagai keyakinan dalam jiwa yang berasal dari usaha pertama untuk menjelaskan mimpi dan fenomena.Tetapi di Indonesia masih ada kelompok yang menganut kepercayaan ini.Seperti di pulau Kalimantan,terdapat 7,5 juta jiwa yang menganut kepercayaan tersebut.



Mana dan Taboo
  • Mana merupakan kekuatan impersonal yang keramat di Melanesia dan juga merupakan agama di Polinesian.
  • Taboo merupakan bagian-bagian yang suci dan terlarang. Larangan ini didukung oleh sangsi-sangsi supranatural.
  • Konsep mana bagi orang Melanesia sama dengan konsep kita mengenai kemujuran dan keberuntungan.
  • Orang Melanesia menghubungkan suksesn dengan mana. Mana dapat merubah keberuntungan seseorang.
  • Konsep mana bagi orang Polynesian dan konsep taboo dihubungkan dengan hirarki alam masyarakat Polynesian

Hal-hal yang di miliki pada kepercayaan lain:
   
  1. Magic.Unsur magis mengacu pada teknik-teknik supranatural yang bertujuan untuk memperoleh maksud-maksud khusus.
  2. Ritual.Ritual bersifat formal,diulang dan dengan gaya-gaya khusus.Inilah yang membedakan perilaku sosial manusia dengan ritual keagamaan.Manusia melakukan ritual di tempat-tempat khusus.
  3. Upacara Penerimaan.Upacara penerimaan ini biasanya dilakukan pada usia seseorang telah mencapai dewasa.Upacara penerimaan ini terdiri dari 3 bagian,yakni:
     1. Separation
       Artinya seorang individu dipisahkan dari kelompok untuk diisolasi.Di masa isolasi ini, individu mengalami,
    2. Liminaty
        Yakni suatu masa krisis di mana seseorang individu mendapat latihan mental dan setelah melewati masa  krisis.
    3. Incorporation
        Yakni kembali bersatu dengan kelompoknya. Kontrol Sosial.
  4. Agama membantu laki-laki dan wanita menanggulangi kesengsaraan dan tragedi.Agama menawarkan bahwa sesuatu akan menjadi lebih baik.Hidup dapat disembuhkan melalui transformasi spiritual.Agama menjadi alat kontrol yang sangat efektif untuk mengatur tingkah laku manusia,kepercayaan-kepercayaan mereka dan yang mereka ajarkan kepada anak-anak mereka.
    Untuk menjamin perilaku yang baik,agama-agama menawarkan penghargaan berupa keanggotaan agama komunitas dan hukuman seperti diekskomunikasi dari komunitas.Mereka di keluarkan dari keanggotaan komunitas agama,dsb. 

SENI

Pengertian Seni
       Seni berasal dari kata sani (Sanskerta) yang berarti pemujaan,persembahan dan pelayanan. Kata tersebut berkaitan erat dengan upacara keagamaan yang disebut kesenian.Menurut Padmapusphita, kata seni berasal dari bahasa Belanda “genie” dalam bahasa Latin disebut “genius”,artinya kemampuan luar biasa yang dibawa sejak lahir,menurut kajian ilmu di Eropa mengatakan “ART” yang berarti artivisual yaitu adalah suatu media yang melakukan suatu kegiatan tertentu.Seiring dengan perkembangan waktu,banyak definisi seni diungkapkan oleh beberapa ahli.Berikut diuraikan beberapa definisi seni menurut para ahli nya: 
  • Aristoteles,“seni adalah peniruan terhadap alam tetapi sifatnya harus ideal".
  • Plato dan Rousseau,“seni adalah hasil peniruan alam dengan segala seginya".
  • Drs.Sudarmaji,"seni adalah segala manifestasi batin dan pengalaman estetis dengan menggunakan media garis,bidang,warna,tekstur,volume,dan gelap terang".
  • Akhdiat Karta Miharja,"seni adalah kegiatan rohani manusia yang merefleksikan kenyataan dalam suatu karya,bentuk,dan isinya mempunyai daya untuk membangkitkan pengalaman tertentu dalam alam rohani",dsb.
Fungsi Seni
1.Fungsi individual, seni memiliki fungsi sebagai berikut :
Gbr.Seni Kerajinan
 a.Sebagai pemenuhan kebutuhan fisik
Pada hakekatnya manusia adalah mahkluk homofaber yang mempunyai kecakapan untuk apresiasi pada keindahan dan pemakaian benda-benda.Seni terapan memang mengacu pada pemuasan kebutuhan fisik sehingga segi kenyamanan menjadi hal penting.Sebagai contoh seni bangunan,seni furniture,seni pakaian/textile,seni kerajinan dlll.




 b.Sebagai pemenuhan kebutuhan emosional
Seseorang memiliki sifat yang berbeda-beda dengan manusia dimana pengalaman hidup seseorang akan mempengaruhi sisi emosional/perasaaanya.Contoh perasaan sedih,letih-lelah, gembira,iba,kasihan,benci,cinta dlll.Manusia dapat merasakan semua itu dikarenakan di dalam dirinya terkandung dorongan emosional yang merupakan situasi kejiwaan pada setiap manusia normal.Untuk memenuhi kebutuhan emosiaonal manusia memerlukan dorongan dari luar dirinya yang bersifat menyenangkan,memuaskan kebutuhan batinnya.Sebagai contoh karena kegiatan dan rutinitas sehari- hari maka manusia mengalami keletihan sehingga memerlukan rekreasi misalnya menonton hiburan teater,menonton film di bioskop,konser,pameran seni rupa dll.Seseorang yang memiliki pengalaman estetikanya lebih banyak maka ia akan memiliki kepuasan yang lebih banyak pula.Sedangkan seniman adalah seseorang yang mampu mengapresiasikan pengalaman dan perasaaannya dalam sebuah karya seni yang diciptakannya.Hal itu juga diyakini olehnya sebagai sarana memuaskan kebutuhan emosiaonal dirinya.

2. Fungsi sosial,seni memiliki fungsi sebagai berikut :
 a.Sebagai Religi/Keagamaan
Karya seni sebagi pesan religi atau keagamaan.Contoh:kaligrafi,busana muslim/muslimah,dan lagu-lagu rohani Seni yang digunakan untuk sebuah upacara yang berhubungan dengan upacara kelahiran,kematian,ataupun pernikahan.Contoh:Gamelan yang dimainkan pada upacara Ngaben di Bali yakni gamelan Luwang,Angklung,dan Gambang.Gamelan di Jawa Gamelan Kodhok Ngorek,Monggang,dan Ageng.

b.Sebagai Pendidikan
Seni sebagai media pendidikan misalnya musik.Contoh:Ansambel karena didalamnya terdapat kerjasama,Angklung dan Gamelan juga bernilai pendidikan dikarenakan kesenian tersebut mempunyai nilai sosial,kerjasama,dan disiplin.Pelajaran menggunakan bantuan karya seni.Contoh:gambar ilustrasi buku pelajaran,film ilmiah atau dokumenter,poster,lagu anak-anak,alat peraga IPA
 c.Sebagai Komunikasi

Seni dapat digunakan sebagai alat komunikasi seperti pesan,kritik sosial,kebijakan,gagasan,dan memperkenalkan produk kepada masyarakat.Melalui media seni tertentu seperti,wayang kulit,wayang orang dan seni teater,dapat pula syair sebuah lagu yang mempunyai pesan,poster,drama komedi,dan reklame.
 d.Sebagai Rekreasi/Hiburan
Seni yang berfungsi sebagai sarana melepas kejenuhan atau mengurangi kesedihan,sebuah pertunjukan khusus untuk berekspresi atau mengandung hiburan,kesenian yang tanpa dikaitkan dengan sebuah upacara ataupun dengan kesenian lain.
 e. Sebagai Artistik
Seni yang berfungsi sebagai media ekspresi seniman dalam menyajikan karyanya tidak untuk hal yang komersial,misalnya terdapat pada musik kontemporer,tari kontemporer,dan seni rupa kontemporer,tidak bias dinikmati pendengar/pengunjung,hanya bisa dinikmati para seniman dan komunitasnya.
 f. Sebagai Guna (seni terapan)
Karya seni yang dibuat tanpa memperhitungkan kegunaannya kecuali sebagai media ekspresi disebut sebagai karya seni murni,sebaliknya jika dalam proses penciptaan seniman harus mempertimbangkan aspek kegunaan,hasil karya seni ini disebut seni guna atau seni terapan.Contoh:Kriya,karya seni yang dapat dipergunakan untuk perlengkapan/peralatan rumah tangga yang berasal dai gerabah dan rotan.
 g.Seni untuk Kesehatan (Terapi)
Gbr.Seni Musik.Musik sering digunakan dalam terapi
.
Pengobatan untuk penderita gangguan physic ataupun medis dapat distimulasi melalui terapi musik,jenis musik disesuaikan dengan latar belakang kehidupan pasien.Terapi musik telah terbukti mampu digunakan untuk menyembuhkan penyandang autisme,gangguan psikologis trauma pada suatu kejadian,dan lain-lain.Menurut Siegel (1999) menyatakan bahwa musik klasik menghasilkan gelombang alfa yang menenangkan yang dapat  merangsang sistem limbic jarikan neuron otak. Menurut Gregorian bahwa gamelan dapat mempertajam pikiran.

Seni, Masyarakat, dan Budaya
Seni biasanya merupakan sebuah fenomena publik yang dipamerkan,ditampilkan,dievaluasi,dan diapresiasikan di masyarakat.
  • Ethnomusicology adalah studi komparatif musik dunia dan musik sebagai aspek budaya dan masyarakat.
  • Seni rakyat,musik,dan pengetahuan mengacu pada ekspresif budaya orang biasa.
  • Seni adalah bentuk dari komunikasi sosial.

Referensi:
Agama
1.www.youtube.com
2.L.B.Brown,Psycology and Religion
3.http://fiirdaus.blogspot.com/2012/04/kitab-suci-budha.html
4.Materi Pertemuan Binus Maya Regional and Arts-Ilmu Sosial semester 2
5.http://www.iwansulistyo.info/2013/01/pengertian-agama-arti-dan-definisi-agama.html
Seni
6.www.youtube.com
7.http://simaksejenak.wordpress.com/2012/12/19/fungsi-dan-tujuan-seni/
8.http://www.notepedia.info/2013/08/pengertian-seni-serta-penjelasannya.html
9.Materi Pertemuan Binus Maya Regional and Arts-Ilmu Sosial semester 2

1 komentar:

  1. isinya sudah bagus,di tambah banyak gambar untuk menambah penjelasan dari satu materi.tapi mungkin perlu di perdalam lagi penjelasannya.
    nilai:90

    BalasHapus