ahau

ahau

ahau

Senin, 03 Maret 2014

Sosiologi dan Antropologi



Penelitian hari ini :
Manakah dari empat perspektif sosiologis tampaknya paling berguna bagi Anda dalam menganalisa krisis minyak Gulf Coast? Mengapa?
Krisis ekonomi yang dimulai pada tahun 2008 memiliki konsekuensi pribadi bencana bagi banyak orang.Gunakan empat perspektif sosiologis untuk menganalisis apa yang terjadi pada Anda,keluarga Anda,dan komunitas Anda.

Dalam hal ini kita dapat menemui 2 Bidang Sosiologi :
Sosiologi Terapan:Penggunaan sosiologi dengan maksud menghasilkan aplikasi praktis untuk perilaku manusia dan organisasi
Sosiologi Klinis:Memfasilitasi perubahan dengan mengubah hubungan sosial atau restrukturisasi lembaga-lembaga social.

Sosiologi Dalam Komunitas Global
Secangkir kopi di pagi hariungkin tampak bingung dengan pernyataan di atas,apa hubungannya dengan sosiologi.Tapi tahukah anda jika anda berada di sebuah warung kopi sebut saja seperti itu dan anda rela membayarkan lebih secangkir kopi tersebut karena anda akan tahu kelebihan yang anda dapatkan dari kopi yang anda beli sangat bermanfaat pastinya anda akan bersedia membelinya bukan?
Namun jika dilihat perdagangan kopi seperti itu sempat disalahkan karena untuk mengabadikan kesenjangan sosial,peperangan,dan pemanasan global.Maka dari itu dapatkah Anda memikirkan efek positifdari perdagangan kopi tersebut?

Karir dalam dunia sosiologi
     Jumlah siswa yang lulus dengan gelar di bidang sosiologi terus meningkat.Memberikan latar belakang seni liberal yang kuat untuk masuk–posisitingkat,
yaitu:
  • Bisnis
  • Jasa kemasyarakatan 
  • Yayasan
  • Organisas
  •  Masyarakat 

Derajat sosiologi di U.S berdasarkan jenis kelamin
 
Berdasarkan grafik diatas dapat kita perhatikan serta simpulkan bahwa dari tahun 1986 – 2008 peningkatan pada wanita lebih terlihat sangat signifikan peningkatannya jika kita bandingkan pada prie dan pantas saja jika 70% dari semua jurusan soiologi lebih diminati oleh wanita.

Kelulusan pekerjaan dalam bidang sosiologi lainnya termasuk:
 
  • Public relations  11,1 % (Pekerjaan yang lain- lain namun yang masih ada hubungannya dengan sosiologi ) 
  • Penelitian 5,7 % (Meneliti di bidang sosiologi atau yang adakaitannya dengansosiologi) 
  • Pendidikan 8,1 % (Contohmenjadi guru sosiologi,atau yang ada kaitannya dengan pendidikan dalam sosiologi) 
  • Layanan 8,3 % (Lebih melayani dalam bidang masyarakat) 
  • Penjualan, pemasaran 10,1 % (Pekerjaan dalam bidang sosiologi di suatu perusahan yang menjual atau memasarkan sesuatu) 
  • Pengelolaan 14,4 %(Manajemen suatu perusahan) 
  • Administrasi,dukunganadministrasi 15,8 % (Administrasi dalam dunia sosiologi) 
  • Pelayanansosial 26,5 % Lebih umum dalam hal melayani masyarakat tentunya bidangsosial, sebut saja LSM (Lembaga Sosial Masyarakat) 
  • Jika ditarik kesimpulan memang lebih banyak peminat dalam dunia sosiologi tentu saja dalam hal pelayanan masyarakat seperti LSM atau lembaga lainnya yaitu 26,5 % karena memang pada pekerjaan inilah bidang sosiologi sangat pas Karena terjunlangsung ke masyarakat. Namun  yang mungkin kurangdiminati ialah penelitian dalam bidang sosiologi karenahanya 5,7 % persentasenya yang diperoleh.
     Apa itu Antropologi?
Antropologi adalah ilmu yang mempelajari spesies manusia dan para leluhurnya, mempelajari budaya masyarakat suatu etnis tertentu.Antropologi bersifat holistik (menyeluruh dan saling berkaitan) dengan mempelajari seluruh kondisi manusia: masa lalu, sekarang, dan masa depan.Antropologi mempelajari biologi,masyarakat,bahasa,dan budaya.Antropologi memberikan perspektif lintas-budaya yang unik dengan terus-menerus membandingkan kebiasaan masyarakat satu dengan yang lainnya.People share both society and culture.Masyarakat hidup dalam kelompok-kelompok,sebuah ciri dimana manusia berbagi dengan makhluk lain.Budaya adalah tradisi dan adat istiadat,yang ditularkan melalui pembelajaran yang mengatur keyakinan dan perilaku manusia. Misalnya: Dalam budaya salah satu suku di Alaska dimana masyarakatnya tidak boleh menunjukkan ekspresi marah, maka generasi penerusnya pun akan berperilaku seperti para leluhur/generasi sebelumnya. Mereka tidak akan menunjukkan ekspresi marah seperti apa yang telah diajarkan kepada mereka. Dan kemungkinan besar, meskipun mereka tidak berada dalam kelompoknya, budaya itu akan tetap diterapkan oleh mereka sekalipun lama-kelamaan akan terkikis oleh budaya baru.

Adaptation, Variation, and Change 

Adaptasi adalah proses dimana organism mengatasi tekanan lingkungan.Adaptasi manusia melibatkan interaksi antara budaya dan biologi untuk memenuhi/mencapai tujuan manusia.
4 tipe adaptasi manusia:
  1. Cultural adaptation (adaptasi budaya)
  2. Genetic adaptation (adaptasi genetik)
  3. Long-term physiological or developmental adaptation (adaptasi perkembangan atau fisiologis jangka panjang)
  4. Immediate physiological adaptation (adaptasi fisiologis langsung)

Manusia adalah makhluk yang paling mudah beradaptasi di dunia,memiliki kemampuan untuk menempati ruang ekologis yang varian secara luas.
  1. Manusia,seperti makhluk lainnya,beradaptasi menggunakan cara biologis untuk beradaptasi dengan lingkungan tertentu.
  2. Manusia itu unik dalam memiliki cara dari budayanya untuk beradaptasi.

Seiring berjalannya waktu,cara social dan budaya dalam beradaptasi menjadi sangat penting bagi kelompok manusia.Kelompok manusia telah menemukan cara untuk berbagi dengan lingkungan yang beragam.Tingkat adaptasi budaya ini telah mengalami percepatan selama 10,000 tahun terakhir.Produksi makanan dikembangkan antara 12,000 dan 10,000 tahun lalu setelah jutaan tahun berburu dan gathering adalah satu-satunya dasar subsisten manusia.Peradaban pertama kali dikembangkan antara 6,000 dan 5,000 tahun yang lalu.Baru-baru ini, penyebaran produksi industry telah sangat mempengaruhi kehidupan manusia.



Disiplin Antropologi di Amerika 

  • Disiplin akademis antropologi Amerika bisa di bilang unik karena mencakup empat subdisiplin:antropologi arkeologi,antropologi biologi atau gisik,antropologi budaya,antropologi linguistik.
  • Pedekatan ini di gunakan oleh antropolog awal amerika yang tertarik untuk memeksplorasi asal ulus dan keanekaragaman kelompok dari amerika utara asli.Antropologi Amerika muncul dari kepedulian terhadap sejarah dan budaya dari america utara.
  • Ely S Parker.Beliau merupakan seneca indian yang membuat kontribusi penting untuk antropologi

Kekuatan Budaya dan Biologis Manusia
Tradisi budaya mendorong kegiatan dan kemampuan tertentu, mencegah orang lain, dan menetapkan standar kesejahteraan fisik dan daya tarik. Partisipasi dan prestasi dalam olahraga ditentukan oleh faktor budaya, bukan yang rasial.Bahkan budaya Brasil, perempuan harus lembut,dengan pinggul dan bokong besar, bahu tidak besar,karena perenang kompetitif cenderung memiliki besar,kuat,bahu dan badan-badan perusahaan, berenang kompetitif sangat tidak populer di kalangan wanita Brasil.Di AS,tidak ada banyak perenang Afrika-Amerika atau pemain hoki,bukan karena beberapa alasan biologis, tetapi karena orang-orang olahraga tidak sebagai budaya signifikan seperti sepak bola,basket,bisbol,dan track. 

Tes Intelejensi
Tidak ada bukti konklusif untuk berbasis biologis yang kontras dalam kecerdasan antara kaya dan miskin, hitam dan putih, atau pria dan wanita.Indikator terbaik dari bagaimana setiap individu akan tampil pada tes kecerdasan yang lingkungan, seperti pendidikan, ekonomi, dan latar belakang sosial.Semua tes standar budaya-terikat dan bias karena mereka mencerminkan pelatihan dan pengalaman hidup mereka yang mengembangkan dan mengurus mereka.

Referensi:
-di ambil dari materi power point Ilmu Sosial Psikologi Binus

-          
z

7 komentar:

  1. Nama:Salomo Mendila
    NIM:1701373421
    Nilai :90
    Isinya sudah bagus,tapi mungkin penyusunannya boleh kali ya agak di perbaiki

    BalasHapus
  2. trimakasih ya sama masukannya..nanti bisa di perbaiki supaya lebih baik lagi

    BalasHapus
  3. Nama: Yobi Yusdita
    Nim : 1701359972
    NIlai : 98
    wah penjelasannya sudah elngap ni, dan analogi secangkir kopinya masuk diakal. tetapi klo bisa ditamabh sumbernya ia dibawah

    BalasHapus
  4. nama : wisnu adi nurcahyanto
    nim : 1701325580
    nilai : 85
    sudah bagus dan cangkupannya luas
    tapi untuk penulisan diperbaiki sedikit karena ada beberapa kata-kata yang salah ketik

    BalasHapus
  5. Nama : Denna Prastika
    NIM : 1701309684
    Nilai : 88
    isinya materinya sudah bagus, cuma belum dilengkapi dengan referensinya.

    BalasHapus
  6. trima kasih atas masukannya,segera saya perbaiki dan lengkapi

    BalasHapus
  7. isinya bagus dan kelihatan menarik karena di baringi dengan gambar,tapi masih ada kalimat yang agak susah untuk di mengerti,mungkin bisa untuk di perbaiki lagi.
    nilai:90

    BalasHapus