ahau

ahau

ahau

Sabtu, 12 April 2014

Human Organizations:Groups





HUMAN ORGANIZATION
Pada dasarnya manusia selalu hidup dalam kelompok.Tidak banyak manusia yang lebih memilih hidup sendiri/individu.Pada hukumnya,seorang individu membutuhkan bantuan dari individu lain utuk dapat berkembang.Kelompok merupakan kumpulan 2 atau lebih orang yang memiliki kesamaan tertentu.
Berikut akan di deskripsikan mengapa manusia harus hidup dalam kelompok.

Pembentukan suatu Kelompok
Pembentukan kelompok diawali dengan adanya perasaan atau persepsi yang sama dalam memenuhi kebutuhan.Setelah itu akan timbul motivasi untuk memenuhinya,sehingga ditentukanlah tujuan yang sama dan akhirnya interaksi yang terjadi akan membentuk sebuah kelompok.Pembentukan kelompok dilakukan dengan menentukan kedudukan masing-masing anggota. Interaksi yang terjadi suatu saat akan memunculkan perbedaan antara individu satu dengan lainnya sehingga timbul perpecahan. Perpecahan yang terjadi bisanya bersifat sementara karena kesadaran arti pentingnya kelompok tersebut,sehingga anggota kelompok berusaha menyesuaikan diri demi kepentingan bersama.Akhirnya setelah terjadi penyesuaian,perubahan dalam kelompok mudah terjadi.

Kelompok dapat bedakan dalam beberapa jenis,yakni:
  • Primary group : kelompok kecil dengan keintiman.
  • Secondary group : kelompok yang oada umumnya bersifat formal.
    gambar 1.Perbandingan antara primary dan secondart group






 



ada juga yang di sebut dengan;
  • In-groups:kelompok sosial di mana individu mengidentifikasikan dirinya.
  • Out group:kelompok sosial yang oleh individu diartikan sebagai lawan dari in group.
  • Reference group:kelompok yang para anggotanya gunakan sebagai standar/acuan untuk mengevaluasi perilaku mereka.

  Primary Group

 



Gambar 2.Bagian dari Primary Group
Menurut Cooley,kelompok primer adalah kelompok-kelompok yang ditandai ciri-ciri kenal mengenal antara anggota-anggotanya serta kerjasama erat yang bersifat pribadi.Salah satu hasil hubungan yang erat dan bersifat pribadi.Salah satu hasil hubungan tersebut adalah peleburan individu-individu ke dalam kelompok sehingga tujuan individu menjadi tujuan kelompok.Terdapt dua hal penting dari pendapat yang dikemukakan.


Secara singkat dapat dikatakan bahwa kelompok primer adalah kelompok-kelompok kecil yang permanen dan berdasarkan kenal mengenal secara pribadi antara sesama anggotanya.
 

Secondary Group
Kelompok  Secoundary merupakan pengelompokan anggota-anggota masyarakat yang terorganisir secara sistematis untuk tujuan-tujuan tertentu.Contoh kelompok sekunder antara lain;Koperasi,Perseroan Terbatas/PT,Persatuan Guru Republik Indonesia(PGRI),Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI),Persatuan Pecinta Alam.Kelompok ini sering di sebut dengan nama kelompok sosial.

Gambar 3.Bagian dari Secondary Primer


Kelompok sosial dapat dibedakan juga berdasarkan kelompok formal dan kelompok informal.Inti perbedaannya,bahwa kelompok formal adalah kelompok yang berstatus resmi sedangkan kelompiok informal adalah kelompok yang tidak berstatus resmi.
Dalam kelompok formal terdapat pembagian tugas yang jelas, perbedaan peran sosial dan hierarkhi tertentu,serta norma pedoman tingkah laku bagi para anggotanya dan konvensi-konvensinya. 

Gambar 4.Formal Group

Sebaliknya pada kelompok informal ciri-ciri tersebut kurang begitu jelas.
Video di atas merupakan contoh dari suasana "informal group".

Di dalam suatu kelompok resmi atau sekunder yang serba besar mungkin pula terbentuk kelompok infotmal yang terdiri atas beberapa orang atau beberapa keluarga,yang mempunyai pengalaman bersama danyang bersifat interaksinya berdasarkan saling pengertian yang lebih mendalam karena pengalaman dan pandangan-pandangan yang sama.

 

Ciri-ciri dari suatu kelompok:
  1. Memiliki motif yang sama antara individu satu dengan yang lain.
  2. Terdapat akibat-akibat interaksi yang berlainan antara individu satu dengan yang lain.
  3. Adanya penugasan dan pembentukan struktur atau organisasi kelompok yang jelas dan terdiri dari peranan serta kedudukan masing-masing.
  4. Adanya peneguhan norma pedoman tingkah laku anggota kelompok yang mengatur interaksi dalam kegiatan anggota kelompok untuk mencapai tujuan bersama
Keunggulan dan Kelemahan dalam Kelompok
Dalam proses dinamika kelompok terdapat faktor yang menghambat maupun memperlancar proses tersebut yang dapat berupa kelebihan maupun kekurangan dalam kelompok tersebut.
1. Kelebihan Kelompok
  • Keterbukaan antar anggota kelompok untuk memberi dan menerima informasi & pendapat anggota yang lain
  • Kemauan anggota kelompok untuk mendahulukan kepentingan kelompoknya dengan menekan kepentingan pribadi demi
  • Kemampuan secara emosional dalam mengungkapkan kaidah dan telah disepakati kelompok
2. Kekurangan Kelompok Kelemahan pada kelompok bisa disebabkan karena waktu penugasan, tempat atau jarak anggota kelompok yang berjauhan yang dapat memengaruhi kualitas dan kuantitas pertemuan.

Daftar Pustaka
-www.youtube.com

- Slide Binus Maya Human Organizations:Groups,Families,Communities,Cities,and States (diunduh dan disarikan pada tanggal 8 April 2014)

-Soekanto,soerjono.Pengantar sosiologi.2010.Jakarta:rajawali pers.Penerbit Remadja Karya CV

-http://id.wikipedia.org/wiki/Dinamika_kelompok


2 komentar:

  1. Artikelnya sudah bagus dan lengkap, saran saya postingan di blognya di lengkapi yaa ;) nilai 85

    BalasHapus